Skip to main content

Pengalaman P2KK angkatan pertama (1) 2013
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Share tugas pasca p2kk :D


Assalammualaikum Wr. Wb
Saya Irda Rizky Wiharti dari fakultas Ilmu Kesehatan jurusan Farmasi, masuk gelombang 1 dan mendapat jadwal P2KK angkatan 1 (27 Mei – 1 Juni). Awalnya saya tidak tahu apa itu P2KK, setelah saya cari-cari di internet dan bertanya pada kakak kelas ternyata P2KK adalah Program Pembentukan Kepribadian dan Kepemimpinan yang dilakukan selama 6 hari di Rusunawa 1 tanpa menggunakan HP, nonton TV dan barang elektronik apapun.
Setelah check in tanggal 27 Mei jam 7 pagi kami mengikuti upacara pembukaan dan menuju ke kelas masing-masing. Saya masuk di kelas MUH. ABDUH. Awalnya saya merasa sangat kurang nyaman dan masih malu-malu karena didalam kelas belum ada yang saya kenal. Tapi seiring berjalannya waktu kami saling berkenalan satu sama lain. Disini saya mendapatkan banyak teman baru dari berbagai penjuru tanah air. Bukan hanya dari pulau Jawa, tapi ada yang berasal dari Kalimantan, Bali, Madura, NTT dll.
Di dalam kelas, kami mulai dibimbing untuk dapat berbicara dan memimpin. Kami mulai dibentuk kelompok-kelompok untuk melakukan sholat berjamaah dan kultum setelah melakukan sholat, disitu kami pasti mendapatkan giliran satu per satu. Tidak hanya itu, di dalam kelas kami diberikan banyak materi-materi tentang Kepemimpianan, Ibadah dan Ke-Islaman. Kami lebih sering di buat kelompok diskusi untuk menyelesaikan masalah dan dapat mengungkapkan pendapat yang membuat kami semakin berani untuk berbicara di depan umum.
Hari demi hari terus berjalan, disaat hari pertama dan kedua kami merasakan malas, ngantuk dan capek sehingga menimbulkan rasa ingin pulang ke rumah. Apalagi disaat satu persatu diantara kami mulai pulang dikarenakan mereka telah diterima SNMPTN. Tapi kami tetap tahan dan bersemangat untuk tetap berjuang di P2KK ini. Disaat kami lelah dan tidak bersemangat untuk menerima materi, trainer memberi selingan dengan game yang sangat seru sehingga membuat kami bersemangat lagi. Game yang diberikan disini bukan game yang biasa, melainkan game yang bisa membuat kami dalam sebuah tim menjadi lebih kompak.
Hari ke 3 dimulai, awalnya sangat malas dan tidak bisa bangun pagi sekali untuk sholat malam, namun kami menjadi terbiasa. Detik demi detik kami lalui bersama dengan senyum, tawa dan tangis. Rasa ingin pulang itu sedikit menghilang yang kami rasakan hanya kebersamaan yang ada. Tawa selalu hadir di setiap kegiatan yang di lalui, walau ada ujian yang harus kita tempuh di akhir kegiatan ini kami tetap menghadapi dengan senyum, walaupun sempat berpikir enggan untuk mempersiapkannya.
Hari ke 4 kami lewati bersama. Mulai ada rasa takut akan berpisah, disinilah kami mulai banyak share tentang pengalaman, kehidupan sehari hari atau tentang apapun yang ingin dibagikan bersama. Pribadi kami sudah mulai terpupuk oleh kebiasaan ini, mulai dari sholat 5 waktu yang selalu tepat, dan sholat sunnah yang lain. Keberanian kami mulai muncul, dengan saling menyapa jika bertemu saat makan atau yang lainnya, saling bertukar pikiran dll.
Hari ke 5  merupakan hari yang sangat melelahkan dan menyenangkan, karena kami berfikir esok hari akan kembali ke rumah masing-masing kembali bersama keluarga dan tidak ada kegiatan berdiskusi lagi. Saat memasuki waktu sholat jumat, laki-laki pergi sholat jumat di masjid dan yang perempuan dikumpulkan di kelas-kelas untuk mengikuti materi khusus perempuan. Ya kami mendapat teman baru lagi, karena kami bukan hanya mengenal dari satu kelas atau satu kamar saja melainkan juga mengenal teman yang berbeda kelas dan berbeda kamar pula.
Hari ke 6 adalah hari terakhir untuk mengikuti P2KK angkatan pertama ini. Ada rasa senang dan sedih. Kami ingin melewati hari terakhir ini dengan sangat manis dan menjadi sangat berkesan, ini juga di dukung dengan kegiatan outbond dan mempertunjukan yel-yel antar kelas. Satu persatu dari kelas-kelas mulai menunjukan kekompakannya, suara mereka yang berkobar penuh semangat rela mereka keluarkan demi membuat kelas mereka juara. Tibalah kelas kami maju, dengan semangat penuh kami keluarkan suara, mungkin karena grogi kami sempat salah namun sesegera mungkin kami tidak menampakan kesalahan itu melainkan menutupinya.
Setelah semua kelas maju dengan yel-yel mereka masing-masing dilanjutkan dengan acara outbond, acara ini mempunyai 3 pos. Pos pertama (1) merupakan permainan yang membutuhkan kekompakan, daya ingat, dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Pos yang kedua (2) adalah pos yang berhubungan dengan air, pos ini sama dengan pos yang pertama, yang membutuhkan kekompakan. Sebagian teman menutupi lubang di pipa pralon yang didalamnya ada bola yang merupakan sebuah tujuan kami untuk mengeluarkan bola tersebut. Dan sebagian yang lain menggambil air dengan menggunakan tangan atau mulut, itu terlihat mudah tapi tidak seperti yang dibayangkan. Air yang digunakan kotor, keruh, dan tercampur rumput. Tapi kami menghilangkan rasa jijik dan rasa egois dari diri sendiri sehingga game ini berjalan dengan lancar. Pos yang ketiga (3) yaitu pos yang membuat kekompakan antar tim dan rasa saling percaya satu sama lain. Pos ini disediakan garis berbentuk segiempat yang ditengah-tengahnya ada botol aqua. Disana kami diminta untuk memenuhi botol tersebut dengan cara memasukan air dari luar garis yang bertumpu di satu titik di sudut-sudut garis tersebut. Kami berusaha untuk memasukan air tersebut namun gagal, kami coba lagi coba lagi dan akhirnya kami berhasil menjadi yang tercepat, tapi kelompok laki-laki kelas kami gagal karena mereka kurang menguasai cara yang paling efektif dalam menyelesaikan masalah ini.
Yel-yel dan outbond sudah di lewati, kini saatnya pengumuman pemenang dan acara penutupan. Kami merasa kurang PD, karena melihat lawan kami yang sangat bagus saat menunjukan yel-yel mereka. Tapi semangat kami muncul saat kelas kami disebut menjadi nominasi yel-yel. Wow, ada rasa bangga dihati kami walau akhirnya kami tidak juara tapi itu tetap sangat membanggakan dan menjadi momen bahagia di hari terakhir.
Acara demi acara berlalu, yang ditunggu-tunggu pun datang. Ya, kami harus menyudahi acara selama 6 hari ini. Acara yang berkesan, mempunyai keluarga baru, dan membuat persahabatan yang indah. P2KK angkatan pertama sudah berakhir namun persahabatan kami tetap akan berjalan selamanya.

Kesan dan pesan :
Kegiatan yang paling menyenangkan. Walau sempat merasa tidak nyaman tetapi seiring berjalannya waktu semua menjadi indah dan menjadi bahagia. Mendapatkan keluarga baru, sahabat baru, kakak baru, dan kepribadian yang baru pula untuk  menjadikan semangat hidup menjadi yang lebih baik lagi. Terimakasih kakak-kakak dan panitia P2KK yang sudah membantu kami menjadi pribadi yang baru dan lebih baik lagi. Semoga angkatan berikutnya atau tahun depan kegiatan P2KK menjadi lebih baik lagi. J
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Itu lah tugasku, mana tugasmu? *eh*
Dilarang copas (copy paste) karena cerita ini sudah punya hak milik :p

Comments

Popular posts from this blog

FORDAS(Formulasi Dasar) I

1. MENARA CAWAN PENGUAP Wadah dan alat : cawan penguap, penara, anak timbangan, jika diperlukan kelereng dan pinset. Timbangan : Timbangan gram balance Cara : Wadah ditara dahulu dengan penara yang mudah dibersihkan dan tidak berkarat sampai didapat kesetaraan. Setelah timbangan setara, cawan penguap diletakkan di pinggan sebelah kiri dan butir penara dengan wadahnya diletakkan dipinggan sebelah kanan sampai setara, penahan gandar dinaikan, bila belum setara butir penara ditambahkan atau dikurangi sampai dicapai kesetaraan, jika diperlukan anak timbangan maka anak timbangan diluar wadah penara. Alasan : Untuk menimbang zat-zat tertentu yang memerlukan wadah (seperti zat cair), Untuk meleburkan basis salep/suppositoria, Untuk menimbang zat cair dalam jumlah besar. 2. MENARA GELAS ARLOJI Wadah dan alat : Gelas arloji, penara, kelereng Timbangan : Timbangan gram balance Cara : Wadah ditara dahulu dengan penara yang mudah dibersihkan dan tidak berkarat sampai didapat kes

Berbagi Ilmu (Soal-soal part 1)

Hai teman-teman, kali ini saya akan berbagi soal-soal tentang PERSENTASE untuk mahasiswa farmasi smt 1 di matakuliah matematika dasar, dan akan ada pembahasannya juga. :) R/ KMNO 4  0,02 %                Aqua qs ad 240           Pertanyaan: a) Berapa jumlah total larutan dalam resep?                             b) Berapa gram KMNO 4 yang dibutuhkan?                             c) Berapa 1% dari total larutan?           Jawab :           a) 240 ml (berdasarkan jumlah di resep karena ada tulisan ad "sampai")           b)           c)  Resep mana yang tidak sama ?           a) R/ Silvernitrat 1%                   aqua ad 90 ml           b) R/ Silvernitrat 1 g                    aqua ad 90 ml           c) R/ Silvernitrat 0,9 g                   aqua ad 90 ml            Jawab :           Resep a)   4 gram sukrosa dilarutkan dalam 250 ml aquadest. Berapa persenkah kandungan sukrosa tersebut?            Jawab :     Suatu sediaan inj

FORDAS I (FORMULASI DASAR I)

Larutan (1 fase)           emulsi / suspensi (2 fase)           solven berkhasiat : gliserin                       tak berkhasiat : air, aquadest           larutan : jenuh dan tidak jenuh           Kekurangan :  Lebih mahal  penyimpanan (butuh tempat) aroma dan rasa bisa tertutupi sempurna tidak praktis Jika bahan obat sukar larut maka? dipanaskan ditambahkan larutan untuk meningkatkan kelarutan dikocok/diaduk like disilvelike kombinasi pelarut (cosolven) Suspensi  jika dimasukan lewat intramuskular, maka melalui otot ( gluteus maximus, detolideus) contoh penicilin, KB. Lewat intratekal (sumsum tulang belakang) Ukurannya seragam dan tidak boleh terlalu kecil Oral ; dry sirup, antasida topical : caladin lotion, manalotion, lulur kocok jika padatan larut maka akan tidak stabil dan menjadi cakcing Cara pembuatan Benthonit maghma buku Remington :  Bentonit Magma (Remington’s Pharmaceutical care hal 1073) Preparation: Sprinkle bentonit