Skip to main content

PERKEMBANGAN IT DALAM BIDANG PENDIDIKAN

           Pendidikan adalah hal penting yang telah menjadi kebutuhan pokok manusia. Pendidikan memegang peranan yang amat penting untuk menjamin kelangsungan hidup Negara dan Bangsa, karena Pendidikan merupakan wahana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia.  Hal itu muncul dikarenakan adanya era globalisasi yang menuntut semua orang yang hidup mengikuti perkembangan zaman yang pesat. Kemajuan yang sangat pesat itulah yang menyebabkan di berbagai negara harus mengenal teknologi. Teknologi sangat berperan di segala bidang, contohnya di bidang pendidikan.

           Apa Keuntungan Perkembangan Informasi Teknologi di Bidang Pendidikan?
           Zaman sekarang ini, Teknologi sangat dibutuhkan oleh manusia guna menunjang kehidupannya. Di berbagai sekolah-sekolah di Indonesia contohnya, sekolah tersebut telah memiliki berbagai teknologi sebagai penunjang pembelajaran. Informasi Teknologi digunakan untuk mengolah data, memproses, mendapatkan, menyusun, dan memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi. Perkembangan Informasi Teknologi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga akhirnya akan meningkatkan produktivitas manajemen pendidikan. Apabila  Informasi  Teknologi di lembaga Pendidikan tidak dimanfaatkan, maka akan memperlambat kelancaran Pendidikan dalam menghadapi persaingan global.  Penggunaan Informasi Teknologi  bermanfaat dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (gambar 1). Sehingga sekarang ini guru dan pengurus sekolah tidak lagi disibukkan oleh pekerjaan operasional, yang sesungguhnya dapat digantikan oleh komputer. Selain itu para siswa juga dapat menggali lebih dalam kemampuan mereka untuk memeroleh lebih banyak informasi dengan penggunaan internet dan komputer. Ini memudahkan mereka untuk belajar dimana saja, kapan saja, dan dengan siapa saja.

               





                                                                   


                                 


                                      (gambar 1)                                               (gambar 2) 








          Apa Kerugian Perkembangan Informasi Teknologi di Bidang Pendidikan?
          Selain keuntungan yang didapatkan dari perkembangan Informasi Teknologi, akan menimbulkan juga dampak kerugian. Sebagai contoh dampak kerugian yang di akibatkan perkembangan Informasi Teknologi adalah penyalahgunaan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab dengan menyebarkan informasi atau materi pembelajaran yang menyesatkan. Guru di zaman dahulu adalah orang yang mengajarkan anak didiknya disekolah secara langsung (gambar 2), yang bertujuan untuk mencerdaskan anak anak bangsanya. Dengan bertatap muka guru menjelaskan materi-materi apa saja yang diajarkan dan jika ada yang kurang paham maka anak didiknya dapat bertanya. Lain hal dengan zaman sekarang, guru hanya menjadi seseorang yang hanya memberi tugas dan materi yang di salurkan di dunia maya. Sehingga jika ada seorang anak yang tidak dapat menggunakan kemajuan teknologi dan malu bertanya, maka dia akan sangat tertinggal jauh oleh teman-temannya. Jadi sebaiknya seorang guru dapat menempatkan dirinya secara bijaksana. Bijaksana disini adalah dapat menempatkan dirinya sesuai keperluan dan kebutuhan. Contohnya, jika sang guru tidak dapat masuk kelas maka tugas-tugas dapat ia menyuruh anak didiknya untuk melihat di akun miliknya. Dan sebaliknya, jika guru dapat masuk ke kelas maka lebih baik ia menjelaskan secara langsung. Itu memudahkan pelajaran yang di terima anak didiknya akan cepat masuk.

Untuk itu marilah kita menerapkan pada diri kita dengan meningatkan kualitas sekolah dan para pengajarnya untuk membantu program kerja Pemerintah dalam Informasi Teknologi dalam dunia Pendidikan. Agar Bangsa kita tidak ketinggalan Informasi Teknologi.

Comments

Popular posts from this blog

FORDAS(Formulasi Dasar) I

1. MENARA CAWAN PENGUAP Wadah dan alat : cawan penguap, penara, anak timbangan, jika diperlukan kelereng dan pinset. Timbangan : Timbangan gram balance Cara : Wadah ditara dahulu dengan penara yang mudah dibersihkan dan tidak berkarat sampai didapat kesetaraan. Setelah timbangan setara, cawan penguap diletakkan di pinggan sebelah kiri dan butir penara dengan wadahnya diletakkan dipinggan sebelah kanan sampai setara, penahan gandar dinaikan, bila belum setara butir penara ditambahkan atau dikurangi sampai dicapai kesetaraan, jika diperlukan anak timbangan maka anak timbangan diluar wadah penara. Alasan : Untuk menimbang zat-zat tertentu yang memerlukan wadah (seperti zat cair), Untuk meleburkan basis salep/suppositoria, Untuk menimbang zat cair dalam jumlah besar. 2. MENARA GELAS ARLOJI Wadah dan alat : Gelas arloji, penara, kelereng Timbangan : Timbangan gram balance Cara : Wadah ditara dahulu dengan penara yang mudah dibersihkan dan tidak berkarat sampai didapat kes

Berbagi Ilmu (Soal-soal part 1)

Hai teman-teman, kali ini saya akan berbagi soal-soal tentang PERSENTASE untuk mahasiswa farmasi smt 1 di matakuliah matematika dasar, dan akan ada pembahasannya juga. :) R/ KMNO 4  0,02 %                Aqua qs ad 240           Pertanyaan: a) Berapa jumlah total larutan dalam resep?                             b) Berapa gram KMNO 4 yang dibutuhkan?                             c) Berapa 1% dari total larutan?           Jawab :           a) 240 ml (berdasarkan jumlah di resep karena ada tulisan ad "sampai")           b)           c)  Resep mana yang tidak sama ?           a) R/ Silvernitrat 1%                   aqua ad 90 ml           b) R/ Silvernitrat 1 g                    aqua ad 90 ml           c) R/ Silvernitrat 0,9 g                   aqua ad 90 ml            Jawab :           Resep a)   4 gram sukrosa dilarutkan dalam 250 ml aquadest. Berapa persenkah kandungan sukrosa tersebut?            Jawab :     Suatu sediaan inj

FORDAS I (FORMULASI DASAR I)

Larutan (1 fase)           emulsi / suspensi (2 fase)           solven berkhasiat : gliserin                       tak berkhasiat : air, aquadest           larutan : jenuh dan tidak jenuh           Kekurangan :  Lebih mahal  penyimpanan (butuh tempat) aroma dan rasa bisa tertutupi sempurna tidak praktis Jika bahan obat sukar larut maka? dipanaskan ditambahkan larutan untuk meningkatkan kelarutan dikocok/diaduk like disilvelike kombinasi pelarut (cosolven) Suspensi  jika dimasukan lewat intramuskular, maka melalui otot ( gluteus maximus, detolideus) contoh penicilin, KB. Lewat intratekal (sumsum tulang belakang) Ukurannya seragam dan tidak boleh terlalu kecil Oral ; dry sirup, antasida topical : caladin lotion, manalotion, lulur kocok jika padatan larut maka akan tidak stabil dan menjadi cakcing Cara pembuatan Benthonit maghma buku Remington :  Bentonit Magma (Remington’s Pharmaceutical care hal 1073) Preparation: Sprinkle bentonit