Skip to main content

PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN TENTANG KLONING

Apa itu Ilmu Pengetahuan?
                     Ilmu adalah bagian dari pengetahuan yang terklasifikasi, tersistem, dan terukur serta dapat dibuktikan kebenarannya secara empiris. pengetahuan adalah keseluruhan pengetahuan yang belum tersusun, baik mengenai metafisik maupun fisik. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Ilmu Pengetahuan adalah usaha manusia yang ingin menyelidiki sesuatu hal makna dan hakikat hidup di dunia ini. 


                Perkembangan Ilmu pengetahuan di zaman sekarang sudah sangat pesat. Berbagai penemuan ditemukan untuk membantu segala keperluan kehidupan. Ilmu pengetahuan juga telah membuat perubahan zaman yang lebih maju dan lebih baik dari sebelumnya. Setiap waktu manusia mempunyai aktivitas, yang merupakan suatu cara untuk mereka menemukan sesuatu yang baru. Banyak yang berlomba lomba untuk menemukan penemuan baru, yang dapat mereka miliki hak ciptanya. Ini dikarenakan jika seseorang telah memiliki kemampuan untuk menemukan penemuan baru, yang belum pernah ada maka ia akan mendapatkan sebuah penghargaan untuk menunjang kehidupannya. Ilmu pengetahuan membuat manusia dapat menggengam dunia dengan sangat mudah.
              Penerapan ilmu pengetahuan sangatlah banyak, sebagai contoh "KLONING". Apa itu kloning? Kloning adalah proses menghasilkan individu-individu dari jenis yang sama (populasi) yang identik secara genetik. Kloning merupakan hasil pemikiran manusia yang sangat luar biasa, karena melalui proses yang sangat rumit.

  
      Kloning pada Hewan (gbr 1)                        Kultur Jaringan (gbr 2)

Proses kloning pada hewan dapat digambarkan sebagai berikut :
· Mempersiapkan sel stem : suatu sel awal yang akan tumbuh menjadi berbagai sel tubuh. Sel ini diambil dari makhluk hidup yang hendak dikloning.
· Sel stem diambil inti sel yang mengandung informasi genetic kemudian dipisahkan dari sel.
· Mempersiapkan sel telur : suatu sel yang diambil dari betina kemudian intinya dipisahkan.
· Inti sel dari sel stem diimplantasikan ke sel telur
· Sel telur dipicu supaya terjadi pembelahan dan pertumbuhan. Setelah membelah (hari kedua) menjadi sel embrio.
· Sel embrio yang terus membelah (disebut blastosis) mulai memisahkan diri (hari ke lima) dan siap diimplantasikan ke dalam rahim.
· Embrio tumbuh dalam rahim menjadi bayi dengan kode genetik persis sama dengan sel stem donor.
 Manfaat Kloning
- Dapat menghasilkan keturunan yang diinginkan atau memiliki sifat unggul
- Dapat memberi kesempatan pada pasangan suami istri yang steril untuk mempunyai keturunan

Kloning sering diaplikasikan di banyak bidang, contohnya dibidang peternakan sapi/kambing pedaging, dibidang pertanian dengan menerapkan sistem kultur jaringan yang membuat tanaman-tanaman baru tersebut memiliki sifat yang sama dengan induknya yang bersifat unggul. Banyak sekali kontroversi tentang kloning, yang menyebutkan bahwa manusia menciptakan makhluk hidup lain yang membuat dirinya mengaku menjadi Tuhan. Namun, pengetahuan tentang prinsip kloning sangat bermanfaat dalam berbagai hal. Yang dapat manusia lakukan hanyalah menerapkan ilmu yang telah Allah berikan, dan dapat mengaplikasikannya guna untuk kepentingan dirinya sendiri. Karena hanya Allah yang menciptakan seluruh benda dan makhluk hidup di semesta ini tidak ada yang dapat menentangNya.

Comments

Popular posts from this blog

FORDAS(Formulasi Dasar) I

1. MENARA CAWAN PENGUAP Wadah dan alat : cawan penguap, penara, anak timbangan, jika diperlukan kelereng dan pinset. Timbangan : Timbangan gram balance Cara : Wadah ditara dahulu dengan penara yang mudah dibersihkan dan tidak berkarat sampai didapat kesetaraan. Setelah timbangan setara, cawan penguap diletakkan di pinggan sebelah kiri dan butir penara dengan wadahnya diletakkan dipinggan sebelah kanan sampai setara, penahan gandar dinaikan, bila belum setara butir penara ditambahkan atau dikurangi sampai dicapai kesetaraan, jika diperlukan anak timbangan maka anak timbangan diluar wadah penara. Alasan : Untuk menimbang zat-zat tertentu yang memerlukan wadah (seperti zat cair), Untuk meleburkan basis salep/suppositoria, Untuk menimbang zat cair dalam jumlah besar. 2. MENARA GELAS ARLOJI Wadah dan alat : Gelas arloji, penara, kelereng Timbangan : Timbangan gram balance Cara : Wadah ditara dahulu dengan penara yang mudah dibersihkan dan tidak berkarat sampai didapat kes

Berbagi Ilmu (Soal-soal part 1)

Hai teman-teman, kali ini saya akan berbagi soal-soal tentang PERSENTASE untuk mahasiswa farmasi smt 1 di matakuliah matematika dasar, dan akan ada pembahasannya juga. :) R/ KMNO 4  0,02 %                Aqua qs ad 240           Pertanyaan: a) Berapa jumlah total larutan dalam resep?                             b) Berapa gram KMNO 4 yang dibutuhkan?                             c) Berapa 1% dari total larutan?           Jawab :           a) 240 ml (berdasarkan jumlah di resep karena ada tulisan ad "sampai")           b)           c)  Resep mana yang tidak sama ?           a) R/ Silvernitrat 1%                   aqua ad 90 ml           b) R/ Silvernitrat 1 g                    aqua ad 90 ml           c) R/ Silvernitrat 0,9 g                   aqua ad 90 ml            Jawab :           Resep a)   4 gram sukrosa dilarutkan dalam 250 ml aquadest. Berapa persenkah kandungan sukrosa tersebut?            Jawab :     Suatu sediaan inj

FORDAS I (FORMULASI DASAR I)

Larutan (1 fase)           emulsi / suspensi (2 fase)           solven berkhasiat : gliserin                       tak berkhasiat : air, aquadest           larutan : jenuh dan tidak jenuh           Kekurangan :  Lebih mahal  penyimpanan (butuh tempat) aroma dan rasa bisa tertutupi sempurna tidak praktis Jika bahan obat sukar larut maka? dipanaskan ditambahkan larutan untuk meningkatkan kelarutan dikocok/diaduk like disilvelike kombinasi pelarut (cosolven) Suspensi  jika dimasukan lewat intramuskular, maka melalui otot ( gluteus maximus, detolideus) contoh penicilin, KB. Lewat intratekal (sumsum tulang belakang) Ukurannya seragam dan tidak boleh terlalu kecil Oral ; dry sirup, antasida topical : caladin lotion, manalotion, lulur kocok jika padatan larut maka akan tidak stabil dan menjadi cakcing Cara pembuatan Benthonit maghma buku Remington :  Bentonit Magma (Remington’s Pharmaceutical care hal 1073) Preparation: Sprinkle bentonit