Skip to main content

CARA MENGINSTAL WINDOWS 7 DI VIRTUALBOX


Sebelumnya, apa itu VirtualBox? Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Fungsi dari perangkat ini adalah jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada.

Salah satunya menginstal windows 7 di VirtualBox, cara-caranya sebagai berikut :

1) Anda harus telah menginstal aplikasi Oracle VM VirtualBox dahulu.

2) Klik 2x untuk membuka VirtualBox

3) Jika VirtualBox telah terbuka, arahkan kursor ke pojok kiri. Kemudian klik New

4) Setelah Anda meng-klik New, maka akan muncul kolom yang telah disediakan. Seperti (Nama, Type, dan Versi). Nama = ketikan nama Anda, Type = ketikan Microsoft Word, Versi = ketikan Windows 7. Lalu klik Next.

5) Kemudian akan muncul kolom untuk menentukan memory. Isikan 512 MB, klik next.

6) Akan muncul kolom lagi "Hard drive", pilih 'create a virtual hard drive now'. Kemudian klik Create.

7) Selanjutnya, Anda diminta untuk memilih "Hard drive file type". Pilih VDI (Virtualbox Disk Image). Lalu    klik Next.

8) Pilihan selanjutnya pilihlah ukuran Dynamically alocated dan kemudian klik Next.

9) Anda akan memilih untuk "File Location Memory" yaitu mengambil memori asli. pilih 250GB, kemudian klik Create.

10) Setelah semua selesai arahkan kursor ke sebelah kiri tombol Start. Kemudian select start up disk lalu windows 7 terus start dan jika ada information klik OK dan barulah starting windows.

11) Setelah itu Anda diminta untuk memilih bahasa, time and currency format, keyboard or input method dan klik Next.

12) Arahkan crusor anda dan klik di Install Now kemudaian install windows pilih windows7 yang Arcitekturnya x86.

     Ada arcitektur X86 dan X64 perbedaannya adalah :
Perbedaan pokok antara x86 dan x64 adalah pada arsitektur yang ada pada prosesor yang berhubungan dengan kemampuan memproses. Oh iya, sebagai informasi tambahan, perlu ditegaskan bahwa tidak ada Windows x32. Yang ada saat ini hanyalah windows x86 dan x64. Windows x86 seringkali salah disebutkan menjadi win x32 sebab memang win 86 adalah sama dengan edisi 32 bit, semantara win x64 itu sama dengan 64 bit>
Windows x86 = 32 bit
Windows x64 = 64 bit

Pola arsitektur yang berbeda pada x86 dan x64 membuat pula perbedaan lebar jalur pemrosesan. Pada x64, jalur yang lebih lebar dapat membuat sistem ini menangani memory (RAM) lebih dari 2 GB, dimana hal ini tidak dapat dilakukan oleh win x86. Untuk menjalankan applikasi yang berat dan lebih baru, pilihan menggunakan x64 merupakan yang lebih baik dibandingkan dengan x86. Pada sistem operasi windows 7, sistem x86 hanya akan mendukung memory hingga 3 GB saja.   
  
13) Setelah itu akan muncul license terms. Jika Anda telah membaca dan menyetujuinya maka klik di bagian "I accept the license terms", klik next.


14) Jika Anda telah mempunyai versi Windows sebelumnya klik Upgrade. Jika Anda tidak memiliki versi Windows sebelumnya atau ingin menginstal Windows 7 yang baru, klik Custom (advanced).
     
Perbedan Upgrade Dan Custom adalah :
* Upgrade : jika anda memiliki opsi maka artinya window 7 yang sedang kita instal ini akan menggantikan  
                  window versi lama yang yang sebelumya telah terinstal di komputer. Tidak perlu kawatir karena
                  sistem akan tetap menjaga file file serta program kumputer.
* Custom : opsi ini hampir ssam dengan opsi update, bedanya sistem tidak akan melindungi file – file serta
                 program –program yang ada di komputer .di asumsikan untuk memilih custom.

15) Jika Anda ingin melihat ataupun membuat partisi, klik opsi Drive options (advanced), lalu klik new terdapat perintah isi size nya pilih 20.000 klik aply (akan muncul 3 partisi)jika sudah selesai silahkan Anda klik Next.

Primary Partition
Partisi yang biasanya digunakan sebagai tempat peyimpanan sistem operasi. Padaprimary partition ini terdapat boot partition yang menyimpan file-file yang dibutuhkan untuk start up sistem operasi. Sebuah hardisk dapat dipartisi menjadi maksimal 4 buahprimary partition tanpa extended partition, atau maksimal 3 buah primary partition kalau terdapat extended partition.
Plih Primary klik next. ikuti setiap langkahnya ...

16) Dan sekarang akan dimulai menginstal Windows 7. Tunggu hingga tahapan pertama sampai terakhir selesai.

17) Tunggu hingga selesai, kemudian akan muncul kolom yang meminta Anda untuk mengisikan nama komputer, isikan nama Anda kemudian klik Next.

18) Lalu akan muncul kolom untuk mengisikan password, jika Anda ingin melindungi komputer Anda, silahkan password tersebut diisi. Jika tidak lanjutkan Next.

19) Kemudian akan muncul pilihan "Use recommended setting" jika Anda menggunakan windows asli atau original, "Instal importan updates only" untuk windows bajakan atau tidak original. klik salah satu.

20) Sesuaikan zona waktu negara Anda dan klik Next.

21) Muncul kolom yang berisikan "Home network" untuk komputer yang berada di rumah, "Work network" dan "Public network" untuk laptop yang selalu dibawa kemana-mana.

22) Kemudian tunggu hingga muncul tampilan dekstop.

23) Selesai ^^

Comments

Popular posts from this blog

FORDAS(Formulasi Dasar) I

1. MENARA CAWAN PENGUAP Wadah dan alat : cawan penguap, penara, anak timbangan, jika diperlukan kelereng dan pinset. Timbangan : Timbangan gram balance Cara : Wadah ditara dahulu dengan penara yang mudah dibersihkan dan tidak berkarat sampai didapat kesetaraan. Setelah timbangan setara, cawan penguap diletakkan di pinggan sebelah kiri dan butir penara dengan wadahnya diletakkan dipinggan sebelah kanan sampai setara, penahan gandar dinaikan, bila belum setara butir penara ditambahkan atau dikurangi sampai dicapai kesetaraan, jika diperlukan anak timbangan maka anak timbangan diluar wadah penara. Alasan : Untuk menimbang zat-zat tertentu yang memerlukan wadah (seperti zat cair), Untuk meleburkan basis salep/suppositoria, Untuk menimbang zat cair dalam jumlah besar. 2. MENARA GELAS ARLOJI Wadah dan alat : Gelas arloji, penara, kelereng Timbangan : Timbangan gram balance Cara : Wadah ditara dahulu dengan penara yang mudah dibersihkan dan tidak berkarat sampai didapat kes

Berbagi Ilmu (Soal-soal part 1)

Hai teman-teman, kali ini saya akan berbagi soal-soal tentang PERSENTASE untuk mahasiswa farmasi smt 1 di matakuliah matematika dasar, dan akan ada pembahasannya juga. :) R/ KMNO 4  0,02 %                Aqua qs ad 240           Pertanyaan: a) Berapa jumlah total larutan dalam resep?                             b) Berapa gram KMNO 4 yang dibutuhkan?                             c) Berapa 1% dari total larutan?           Jawab :           a) 240 ml (berdasarkan jumlah di resep karena ada tulisan ad "sampai")           b)           c)  Resep mana yang tidak sama ?           a) R/ Silvernitrat 1%                   aqua ad 90 ml           b) R/ Silvernitrat 1 g                    aqua ad 90 ml           c) R/ Silvernitrat 0,9 g                   aqua ad 90 ml            Jawab :           Resep a)   4 gram sukrosa dilarutkan dalam 250 ml aquadest. Berapa persenkah kandungan sukrosa tersebut?            Jawab :     Suatu sediaan inj

FORDAS I (FORMULASI DASAR I)

Larutan (1 fase)           emulsi / suspensi (2 fase)           solven berkhasiat : gliserin                       tak berkhasiat : air, aquadest           larutan : jenuh dan tidak jenuh           Kekurangan :  Lebih mahal  penyimpanan (butuh tempat) aroma dan rasa bisa tertutupi sempurna tidak praktis Jika bahan obat sukar larut maka? dipanaskan ditambahkan larutan untuk meningkatkan kelarutan dikocok/diaduk like disilvelike kombinasi pelarut (cosolven) Suspensi  jika dimasukan lewat intramuskular, maka melalui otot ( gluteus maximus, detolideus) contoh penicilin, KB. Lewat intratekal (sumsum tulang belakang) Ukurannya seragam dan tidak boleh terlalu kecil Oral ; dry sirup, antasida topical : caladin lotion, manalotion, lulur kocok jika padatan larut maka akan tidak stabil dan menjadi cakcing Cara pembuatan Benthonit maghma buku Remington :  Bentonit Magma (Remington’s Pharmaceutical care hal 1073) Preparation: Sprinkle bentonit