Skip to main content

Tutorial Membuat Buku Dengan Microsoft Word

Bagian-bagian yang harus ada di dalam buku :
  1. Cover
  2. Daftar Isi
  3. Isi
  4. Biografi Penulis
Untuk membuat Buku tersebut,  MS Word telah mempunyai program untuk membuatnya lebih mudah. Berikut caranya :

Untuk membuat cover : Buka Microsoft Word terlebih dahulu, kemudian klik insert dan pilih cover page yang Anda Inginkan.


Untuk membuat daftar isi :
  • Aktifkan dahulu ruler Anda, jika belum maka klik view disebelah atas ada tulisan ruler.
  • Klik kotak sebelahnya sehingga muncul tanda "centang"Ruler Anda sudah aktif, kemudian tulis tulisan yang ingin Anda buat di daftar isi.
  • Setelah itu Anda klik di ruler hingga muncul tanda 'L' terbalik. Anda klik 2xKemudian akan muncul tampilan : Nilai pada tab stop position abaikan saja, Nilai pada default tab stops diabaikan, Pada Alignment klik “Right”, Pada Tab Leader pilih No.2, Lalu Klik tombol Set dan klik OK. Ikuti langkah ini untuk tulisan Anda selanjutnya di daftar isi tersebut.  

Untuk membuat isi : Pasti Anda akan sangat membutuhkan bagaimana cara membuat equation, header-footer, watermark, kolom koran dan dropcap, tabel, footnote, bullet dan numbering. Berikut adalah caranya

Membuat EQUATION (RUMUS) 
  • Klik insert lalu dipojok kanan terdapat tulisan 'equation' kemudian klik sehingga muncul rumus-rumus tertentu yang ingin Anda gunakan. Jika Rumus yang Anda inginkan tidak ada, maka Anda dapat membuatnya sendiri dengan mengklik 'Insert New Equation'. Maka akan muncul sendiri rumus yang Anda inginkan. 

Membuat HEADER-FOOTER
  • Klik insert lalu di bagian tengah ada tulisan 'header' dan 'footer' klik saja. Lalu sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda.
Membuat WATERMARK
  • Klik page layout lalu dibagian tengah ada tulisan 'watermark' klik saja, lalu sesuaikan dengan kemauan Anda.
  • Jika Anda kurang tertarik atau menginginkan gambar dari Anda sendiri, maka Anda dapat klik 'Custom Watermark' lalu pilih 'Picture watermark' dan 'select picture'.
  • Setelah selesai memilih gambar, klik OK. 

Membuat KOLOM KORAN DAN DROPCAP
  • Siapkan tulisan yang Anda ingin buat seperti koran, dan ingin membuat tulisan besar satu huruf di depan seperti koran.
  • Setelah itu di blok tulisan Anda tersebut (untuk membuat kolom koran) 
  • Klik page layout kemudian dibawah menu tersebut ada tulisan 'colums' klik dan sesuaikan dengan kebutuhan dan selera Anda. 
  • Kemudian, jika Anda ingin membuat satu huruf didepan menjadi besar seperti dikoran, maka blok satu huruf yang Anda inginkan untuk menjadi besar.
  • Setelah itu, pilih menu insert di sebelah kanan ada menu 'drop cap' klik dan sesuaikan yang Anda inginkan. 

Membuat TABEL
  • Klik menu insert dibawah menu tersebut ada tulisan 'table' kemudian klik. Disana Anda dapat memilih kotak yang Anda inginkan.
  • Tapi jika Anda menginginkan tabel yang mempunyai banyak kotak, dan yang disediakan tidak mencukupi, maka Anda dapat menambahkannya sendiri dengan meng-klik 'draw table' dan membuat table yang Anda inginkan. 

Membuat FOOTNOTE
  •  Klik menu referens  
  • Arahkan kursor Anda di tempat yang ingin Anda beri keterangan (bahasa asing atau istilah asing)
  • Kemudian klik  'insert footnote' yang ada dibawahnya. Dan akan muncul dibawah page yang berisikan keterangan yang ingin Anda berikan.
      

Membuat BULLET DAN NUMBERING
  • Klik menu home, kemudian dibagian tengah ada icon nomer dan buletan kecil. 
  • Klik nomer untuk membuat numbering, dan klik buletan tersebut untuk membuat bullet.  
             (bullet)

      (numbering)
       
Untuk membuat Biografi Penulis :
  • Biografi penulis yang disertai dengan foto dapat menggunakan cara seperti mengklik menu insert pilih picture.
  • Setelah foto ter-upload , maka anda bisa mengisi nama, TTL, alamat dll. dengan menarik dapat menggunakan 'text box' yang juga berada di menu insert 
  • Anda dapat memilih box yang Anda inginkan dengan model yang unik. 
  • Selamat mencoba ^^  

Comments

Popular posts from this blog

FORDAS(Formulasi Dasar) I

1. MENARA CAWAN PENGUAP Wadah dan alat : cawan penguap, penara, anak timbangan, jika diperlukan kelereng dan pinset. Timbangan : Timbangan gram balance Cara : Wadah ditara dahulu dengan penara yang mudah dibersihkan dan tidak berkarat sampai didapat kesetaraan. Setelah timbangan setara, cawan penguap diletakkan di pinggan sebelah kiri dan butir penara dengan wadahnya diletakkan dipinggan sebelah kanan sampai setara, penahan gandar dinaikan, bila belum setara butir penara ditambahkan atau dikurangi sampai dicapai kesetaraan, jika diperlukan anak timbangan maka anak timbangan diluar wadah penara. Alasan : Untuk menimbang zat-zat tertentu yang memerlukan wadah (seperti zat cair), Untuk meleburkan basis salep/suppositoria, Untuk menimbang zat cair dalam jumlah besar. 2. MENARA GELAS ARLOJI Wadah dan alat : Gelas arloji, penara, kelereng Timbangan : Timbangan gram balance Cara : Wadah ditara dahulu dengan penara yang mudah dibersihkan dan tidak berkarat sampai didapat kes

Berbagi Ilmu (Soal-soal part 1)

Hai teman-teman, kali ini saya akan berbagi soal-soal tentang PERSENTASE untuk mahasiswa farmasi smt 1 di matakuliah matematika dasar, dan akan ada pembahasannya juga. :) R/ KMNO 4  0,02 %                Aqua qs ad 240           Pertanyaan: a) Berapa jumlah total larutan dalam resep?                             b) Berapa gram KMNO 4 yang dibutuhkan?                             c) Berapa 1% dari total larutan?           Jawab :           a) 240 ml (berdasarkan jumlah di resep karena ada tulisan ad "sampai")           b)           c)  Resep mana yang tidak sama ?           a) R/ Silvernitrat 1%                   aqua ad 90 ml           b) R/ Silvernitrat 1 g                    aqua ad 90 ml           c) R/ Silvernitrat 0,9 g                   aqua ad 90 ml            Jawab :           Resep a)   4 gram sukrosa dilarutkan dalam 250 ml aquadest. Berapa persenkah kandungan sukrosa tersebut?            Jawab :     Suatu sediaan inj

FORDAS I (FORMULASI DASAR I)

Larutan (1 fase)           emulsi / suspensi (2 fase)           solven berkhasiat : gliserin                       tak berkhasiat : air, aquadest           larutan : jenuh dan tidak jenuh           Kekurangan :  Lebih mahal  penyimpanan (butuh tempat) aroma dan rasa bisa tertutupi sempurna tidak praktis Jika bahan obat sukar larut maka? dipanaskan ditambahkan larutan untuk meningkatkan kelarutan dikocok/diaduk like disilvelike kombinasi pelarut (cosolven) Suspensi  jika dimasukan lewat intramuskular, maka melalui otot ( gluteus maximus, detolideus) contoh penicilin, KB. Lewat intratekal (sumsum tulang belakang) Ukurannya seragam dan tidak boleh terlalu kecil Oral ; dry sirup, antasida topical : caladin lotion, manalotion, lulur kocok jika padatan larut maka akan tidak stabil dan menjadi cakcing Cara pembuatan Benthonit maghma buku Remington :  Bentonit Magma (Remington’s Pharmaceutical care hal 1073) Preparation: Sprinkle bentonit